Selasa, 13 April 2010

Matrix EFAS dan IFAS Pada The Coca Cola Company

Generating a Strategic Factor Analysis Summary

(SFAS) Matrix

Alat yang digunakan dalam menyusun faktor-faktor strategis perusahaan adalah matriks SWOT. Matriks ini menggambarkan secara jelas bagaimana peluang dan ancaman internal yang dihadapi dapat disesuaikan dengan kekuatan dan kelemahan internal yang dimiliki. Matrik ini dapat menghasilkan empat set kemungkinan alternatif strategis.

Untuk menyimpulkan faktor-faktor strategis sebuah perusahaan yaitu dengan cara mengkombinasikan faktor strategis eksternal (EFAS) dengan faktor strategis internal (IFAS) ke dalam sebuah ringkasan analisis faktor-faktor strategi (SFAS) yang pada saat digunakan bersamaan dapat menjadi seperangkat alat analisis yang kuat bagi analisis strategi. Penggunaan bentuk SFAS , yaitu dengan langkah-langkah sebagai berikut :

1. Pada kolom 1 yaitu faktor strategis. Daftarkan item-item EFAS dan IFAS yang paling penting ke dalam kolom faktor strategis kunci, kemudian tentukan mana yang merupakan kekuatan (S), kelemahan (W), peluang (O), dan ancaman (T).

2. Tinjau bobot yang diberikan untuk faktor-faktor dalam tabel EFAS dan IFAS tersebut, dan sesuaikan hingga jumlah total dalam kolom bobot EFAS dan IFAS mencapai angka 1.00.

3. Masukkan pada kolom peringkat yang diberikan manajemen perusahaan pada setiap faktor dari tabel EFAS dan IFAS.

4. Kalikan bobot dengan peringkat untuk menghasilkan jumlah pada kolom skor berbobot.

5. Berikan tanda X dalam kolom durasi untuk menunjukkan apakah satu faktor memiliki horizon waktu jangka pendek(< 1tahun),menengah (1-3tahun), panjang(> 3tahun).

6. Berikan keterangan untuk masing-masing faktor dari tabel EFAS dan IFASSFAS yang dihasilkan meringkas faktor-faktor strategis eksternal dan internal dalam satu bentuk. SFAS hanya berisi faktor-faktor strategis yang paling penting dan menyediakan basis bagi perumusan strategi.

Reviewing of Mission and Objective

Point selanjutnya yang harus dilakukan manajemen ialah menguji ulang misi dan tujuan perusahaan saat ini sebelum dapat menghasilkan dan mengevaluasi strategi-strategi alternatif. Pengujian ulang ini sangat penting, karena ketika membuat keputusan, biasanya ada kecenderungan lebih berkonsentrasi hanya pada alternatif-alternatif saja daripada pada tujuan yang ingin dicapai. Kecenderungan tersebut meluas karena memang lebih mudah untuk berhubungan dengan tindakan alternatif yang ada daripada memikirkan apa yang ingin kita capai di masa yang akan datang.

Masalah-masalah dalam kinerja dapat muncul dari tidak tepatnya pernyataan misi, yang dapat terlalu sempit atau bahkan yang terlalu luas. Apabila misi tidak memberikan topik integratif bagi bisnis perusahaan, maka manajer-manajer menjadi tidak jelas dengan arah perusahaan. Seperti tujuan-tujuan dan strategi dapat bertentangan, divisi-divisi yang saling bersaing satu sama lain, yang nantinya dapat membawa kerusakan bagi perusahaan sebagai satu kesatuan.

Tujuan-tujuan sebuah perusahaan dapat juga dinyatakan dengan cara yang tidak tepat. Tujuan tersebut mungkin terlalu menitikberatkan pada sasaran operasional jangka pendek, atau bahkan terlalu luas. Kemudian adanya kesenjangan perencanaan antara tujuan yang direncanakan dengan yang dicapai. Apabila kesenjangan tersebut terjadi, yang harus dilakukan ialah mengubah strategi untuk meningkatkan kinerja atau menurunkan tujuan yang akan dicapai agar lebih realistis. Oleh sebab itu diperlukan tinjauan yang bersifat konstan terhadap tujuan-tujuan.

Generating Alternative Strategies by Using a TOWS Matrix

Kita telah membahas bagaimana perusahaan menilai situasinya dan meninjau strategi-strategi perusahaan yang tersedia. Kemudian selanjutnya ialah mengidentifikasi cara-cara alternatif sehingga organisasi dapat menggunakan kekuatan khususnya untuk menggunakan kesempatan atas peluang-peluang atau untuk menghindari ancaman dan mengatasi kelemahannya. Matriks SWOT menggambarkan bagaimana manajemen dapat mencocokkan peluang dan ancaman eksternal yang dihadapi suatu perusahaan dengan kekuatan dan kelemahan internalnya. Metode ini mengarah pada brainstorming untuk menciptakan strategi-strategi alternatif yang mungkin tidak terpikirkan oleh manajemen. Matriks SWOT dapat diaplikasikan pada perusahaan bisnis tunggal maupun multi bisnis.

Tabel 1.1 Matriks TOWS

IFAS

EFAS

Kekuastan (S)

Daftarkan 5 – 10 Kekuatan Internal Disini

Kelemahan (w)

Daftarkan 5 – 10 Kekuatan Internal Disini

Kesempatan (O)

Daftarkan 5 – 10 Kekuatan Internal Disini

Strategi SO

Buat strategi disini yang menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang

Strategi WO

Buat strategi disini yang memanfaatkan peluang untuk mengatasi kelemahan

Ancaman (T)

Daftarkan 5 – 10 Kekuatan Internal Disini

Strategi ST

Buat strategi disini yang menggunakan kekuatan untuk menghindari ancaman

Strategi WT

Buat strategi disini yang meminimalkan kelemahan dan menghindari ancaman

Berikut ini strategi yang dijalankan Coca-cola dalam mengatasi Peluang dan Ancaman

Strength Oppurtunities Strategy :

1) Menganalisis pasar pada tahap perencanaan produk

2) Mengevaluasi produk saat pengembangan, perkenalan, dan pemantauan kinerja produk yang sudah ada

3) Memutuskan target pasar dan strategi penentuan posisi dalam memasarkan produk

4) Memproses permintaan dan keluhan konsumen

5) Memanfaat teknologi dan informasi untuk mempengaruhi sistem dan pengembangan produk

Weakness Oppurtunities Strategy :

1) Mengandalkan pasar grosir maupun pengecer untuk mendorong konsumen

2) Membuat keputusan tentang bahan-bahan yang digunakan dengan mempertimbangan faktor-faktor : kebutuhan spesifikasi produk atau komponen, biaya-biaya relatif, dan biaya-biaya pemrosesan relative

3) Mencari gagasan produk baru dari pasar atau teknologi yang sudah ada

4) Menciptakan produk baru yang tidak membahayakan kesehatan

Strength Threats Strategy :

1) Merancang harga secara fleksibel untuk mengatasi perubahan dan ketidakpastian

2) Memperhatikan produk tertentu yang diproduksi atau produk yang sedang dibeli konsumen

3) Mengadakan perjanjian penempatan merek pada produk-produk yang dibuat

4) Melayani aktivitas-aktivitas permohonan spesifikasi produk, rincian, dan pemrosesan pembelian

Weakness Threats Strategy :

1) Mengadakan perluasan produk atau diversifikasi dan melakukan inovasi

2) Melakukan Riset dan Development yang intensif atas produknya

3) Memantau perkembangan pesaing yang kompetitif

4) Menekan biaya produksi dengan efektif dan efisien

0 komentar:

Posting Komentar